Tahapan Seleksi Cpns 2021 yang Harus Dilalui Peserta

CPNS 2021. Setelah adanya pemberitaan Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo telah menyampaikan bahwa seleksi CPNS 2021 akan dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juni mendatang.

Pada penerimaan CPNS 2021, pemerintah membuka 1 juta kouta untuk untuk penerimaan CPNS. satu juta kouta tersebut terbagi dalam beberapa formasi. yaitu formasi kesehatan, pertanian, perairan, guru, hingga tenaga teknis dan sebagainya.

1 juta kouta Mungkin buat kamu adalah kouta yang besar dan peluang besar, akan tetapi pesaing kamu jauh lebih banyak 10x lipat dari jumlah kouta yang disediakan pemerintah pada CPNS 2021.

Ada beberapa Tahapan Seleksi Cpns 2021 dalam rangka persiapan pendaftaran CPNS yang mesti kamu lalui untuk lolos menjadi PNS di CPNS 2021.

Pada kali ini e-Bimbelcpns akan memberitahukan 6 Tahapan Seleksi Cpns 2021 yang harus perhatikan.

6 Tahapan Seleksi yang Harus dilalui peserta CPNS 2021:

1. Seleksi Administrasi

Pertama kali yang harus kamu lakukan Dalam pendaftaran CPNS, kamu harus melakukan seleksi administrasi pada portal sscn.bkn.go.id. Untuk mengetahui administrasi yang akan diperlukan, namun sebelumnya kamu harus melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu pada portal tersebut.

Pada proses itu kamu akan diminta untuk mengunggah dokumen untuk proses verifikasi. Di usahakan agar kamu lebih teliti dalam mengunggah dokumen.

Baca Juga  Tips Mengerjakan Tes Cpns 2021 Agar Lolos Tes

Jika kaku berhasil lulus pada tahap pertama, maka kamu akan melanjutkan pada seleksi tahap ke dua yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS.

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) adalah Tahapan Seleksi Cpns 2021 ke dua setelah kamu dinyatakan lulus dalam seleksi tahapan pertama yaitu Seleksi Administrasi

Seleksi Tes SKD nanti akan dilakukan dalam bentuk ujian, namun pelaksanaan ujian nya menggunakan metode Compter Assisted Test (CAT).

Dalam pelaksanaan SKD akan dilaksanakan dalam 3 tahap tes materi ujian. Sesuai dengan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB).

Pertama, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) adalah tes yang berisikan materi tentang penguasaan pengetahuan dan kemampuan pengimplementasian nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan bahasa Indonesia.

Untuk jumlah soal pada tes TKW berjumlah 30 soal.

Kedua, Tes Intelegensia Umum (TIU) dengan jumlah soal 35.

Tes Intelegensia Umum (TIU) adalah tes yang berisikan materi tentang kemampuan Verbal, kemampuan Numerik, dan kemampuan Figural.

Kemampuan Verbal meliputi materi analogi, silogisme dan analitis.

Baca Juga  Daftar Tryout skd cpns online Terbaik 2021

Kemampuan numerik meliputi materi deret angka, perbandingan kuantitatif dan soal cerita dengan tujuan berhitung.

Kemampuan figural meliputi materi untuk menguji kemampuan dalam berpikir logis, seperti membuat pola dalam bentuk gambar, membandingkan gambar serta membedakan beberapa gambar.

Untuk jumlah soal pada tes TIU berjumlah 35 soal.

Ketiga, Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah tes yang dilakukan untuk menilai perilaku individu secara sosial, hubungan kerja, teknologi informasi dan komunikasi hingga profesionalisme.

Untuk jumlah soal pada tes TKP berjumlah 35 soal.

3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah merupakan salah satu Tahapan Seleksi Cpns 2021 setelah kamu dinyatakan lolos dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dilakukan dalam seleksi CPNS.

Dalam Materi SKB terdapat dua materi, yaitu materi dalam bidang Fungsional dan materi dalam bidang jabatan pelaksana teknis.

Untuk Materi dalam bidang Fungsional akan disusun oleh instansi pembina jabatan, selanjutnya akan diperbarui kedalam bentuk soal metode Compter Assisted Test (CAT) BKN.

Sedangkan Untuk Materi dalam bidang jabatan pelaksana teknis. soal ujian dapat menggunakan soal SKB sesuai dengan jabatan fungsional terkait.

Soal Computer Assisted Test (CAT) pelaksanaan materi SKB di instansi pusat berupa:

Baca Juga  Penjelasan Lengkap Persiapan CPNS 2021, Simak Penjelasannya

Tes Potensi Akademik, dalam tes Potensi Akademik pun terbagi dalam beberapa tes. yaitu :

– Tes Praktik Kerja

– Tes Bahasa Asing

– Tes Fisik

– Psikotes

4. Integrasi Nilai

Integrasi nilai adalah merupakan salah satu tahapan setelah kamu dinyatakan lolos dari Seleksi SKD dan SKB. pada seleksi CPNS 2019 dijelaskan pada Permenpan RB untuk penentuan nilai tersebut didasarkan regulasi.

5. Pengumuman Kelulusan

Setelah kamu melalui semua Tahapan Seleksi Cpns 2021 ke empat tes di atas, selanjutnya kamu diminta untuk mengetahui info kelulusan kamu dalam CPNS 2021.

Untuk info kelulusan kamu dapat mengecek pengumuman kelulusan tersebut melalui website pada masing-masing instansi yang kamu pilih pada saat pendaftaran.

Kelulusan ditentukan berdasarkan nilai tertinggi kumulatif pada Tes SKD dan Tes SKB dari peserta CPNS.

6. Pemberkasan.

Setelah kamu dinyatakan lulus dari 5 Tahapan Seleksi Cpns 2021 tersebut, selanjutnya kamu akan diminta untuk melengkapi dokumen pemberkasan di setiap instansi.

Nah..Itulah tahapan-tahapan seleksi yang akan kamu lalui di CPNS 2021. Persiapkan diri kamu dari sekarang untuk menghadapi tahapan tersebut.

Kamu bisa ikut e-bimbel terbaik dengan klik Bimbel CPNS Online terbaru

Pendaftaran CPNS 2021

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top