Perbedaan Formasi Umum dan Khusus Cpns 2021

Info CPNS 2021. Penerimaan CPNS 2021 semakin dekat, tentu kamu mesti lebih rajin untuk mencari info tentang Formasi CPNS 2021. Pada pendaftaran CPNS, biasanya terdapat 2 jenis formasi. Yaitu, Formasi Umum dan Formasi Khusus.

Kali ini e-Bimbelcpns akan membahas Perbedaan Formasi Umum dan Khusus Cpns 2021.

Perbedaan Formasi Umum dan Khusus Cpns 2021

Apa itu formasi Umum?

Formasi CPNS adalah formasi yang dibuka untuk semua lapisan masyarakat Indonesia yang memenuhi syarat-syarat oleh pemerintah untuk pendaftaran CPNS.

Pada formasi umum pada penerimaan cpns bisanya kouta penerimaan lowongan akan lebih banyak dari pada formasi khusus.

Info CPNS 2021, Formasi Khusus

Apa itu formasi khusus?

Formasi khusus adalah formasi yang dibuka untuk pendaftar CPNS dengan syarat-syarat tertentu yang berdasarkan peraturan Pelaksanaan Seleksi CPNS.

Perbedaan Formasi Umum dan Khusus Cpns 2021 selanjutnya

Pada penerimaan CPNS untuk formasi khusus, diberikan kesempatan kepada setiap masyarakat Indonesia yang mungkin tidak diterima kerja di mana pun dikarenakan menyadang disabilitas. Atau pun bagi mereka yang memiliki IPK tertinggi atau lulusan terbaik bagi mereka yang lulus dari instansi favorit., bisa mengikuti pendaftaran cpns melalui formasi khusus.

Baca Juga  Yang Perlu Diperhatikan Agar Lulus CPNS 2021, Simak Baik Baik

Tidak hanya disabilitas atau mereka yang memiliki nilai tertinggi saja, tentunya yang namanya ‘khusus’ berarti terdapat kespesialan yang lain juga masuk dalam formasi jenis ini.

formasi khusus telah diatur dalam Peraturan Menteri 36 yang mengatur tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS.

Perbedaan Formasi Umum dan Khusus Cpns 2021 selanjutnya

Beberapa formasi khusus selain dari penyadang disabilitas dan yang memiliki IPK tertinggi.

  • Formasi CPNS Eks Honorer K2
  • Olahragawan
  • Diaspora dan Putra Papua
  • Tenaga pendidik
  • Tenaga kesehatan eks honorer kategori II
Berapa Jumlah Kouta Pelamar Setiap Formasi?

Berapa jumlah pelamar yang diterima melalui jalur-jalur formasi khusus ini. Untuk data jumlah yang didapat dari penerimaan cpns tahun-tahun sebelumnya, untuk jumlahnya tidak sama pada setiap formasi yang dibutuhkan. Namun persentasenya sama semua.

Sedangkan untuk jumlah yang Diterima Tiap Formasi hanya 10% pelamar yang diterima masuk formasi khusus CPNS lewat lulusan terbaik untuk setiap formasinya. Angka yang lebih kecil ditemui pada jalur lainnya. Misalnya 2% saja untuk penyandang disabilitas yang masuk instansi pusat dan 1% saja untuk instansi daerah.

Baca Juga  Bimbel cpns online kredibel terbaru

Sedangkan persyaratan untuk Formasi Diaspora, Dosen maupun Perekayasa yang berniat ingin masuk lewat jalur ini, kamu harus memenuhi persyaratan. Syaratnya kamu seorang lulusan S2, untuk S1 bisa melamar jabatan perakayasa.

Pada jalur diaspora ini memang cukup baru dan mungkin sedikit asing bagi. Dikarenakan jalur ini baru diadakan pada tahun 2018 lalu.

Adapun persyaratan untuk Eks Tenaga Honorer untuk menjadi PNS melalui jalur khusus. Persyaratan yang utama, kamu tidak boleh berusia lebih dari 35 tahun pada saat mendaftar. Pendidikan terakhir untuk eks tenaga pendidik minimal lulusan S1 sedangkan untuk tenaga kesehatan minimal D-III.

Untuk Pendaftaran formasi CPNS untuk eks tenaga honorer akan dikoordinasi langsung oleh BKN. Menpora mengkoordinasi penerimaan formasi CPNS khusus untuk atlet dan olahragawan.

Nah..itulah Perbedaan Formasi Umum dan Khusus Cpns 2021. Untuk kamu yang memiliki syarat-syarat yang memenuhi formasi umum atau pun formasi khusus tersebut, kamu bisa mengikuti seleksi cpns 2021. Perlu diketahui pada kedua formasi tersebut tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan.

Baca Juga  Grup Telegram CPNS 2021 Terbaru Paling Diminati

Sebelum pendaftaran seleksi CPNS 2021, kami wajib selalu mencari info terbaru CPNS 2021, semakin luas wawasan mengenai CPNS 2021, semakin besar peluang untuk lulus seleksi CPNS. Intinya persiapkan segalanya untuk menghadapi seleksi CPNS 2021.

Kamu bisa ikut e-bimbel terbaik disini.

Pendaftaran CPNS 2021

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top