Seleksi CPNS 2021, Pengertian Sistem CAT Dan Nilai Ambang Batas

Seleksi CPNS 2021, Pengertian Sistem CAT Dan Nilai Ambang Batas

Seleksi CPNS 2021. Persiapan CPNS 2021, jadwal mengenai pembukaan seleksi CPNS 2021 tidak akan lama lagi akan segera dilaksanakan. Pada seleksi CPNS dilakukan dengan sistem (Computer Assisted Test). berikut nilai ambang batas dan prinsip CAT CPNS 2021 yang patut kamu ketahui.

Sebelum pelaksanaan CPNS 2021 dilaksanakan, bagi kamu yang berniat mengikuti CPNS 2021, perlu kamu ketahui apa yang dimaksud dengan nilai ambang batas dan prinsip CAT CPNS.

Pengertian Sistem CAT Dan Nilai Ambang Batas pada seleksi CPNS 2021

Pada kali ini e-Bimbelcpns akan memberikan penjelasan apa yang dimaksud dengan nilai ambang batas serta prinsip sistem CAT CPNS 2021.

Baca juga: CPNS 2021. Penyebab Gugur Seleksi CPNS, Wajib Diperhatikan

Nilai Ambang Batas Seleksi CPNS 2021

Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar adalah salah satu syarat berupa nilai minimal yang harus dipenuhi oleh setiap peserta ujian seleksi CPNS. Sebagaimana yang telah ditetapkan di dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Berikut ini beberapa Ketentuan nilai ambang batas:

1. Bagi peserta yang mendaftar pada jenis formasi Khusus, ketentuan nilai ambang batas tidak berlaku

2. Pada hasil SKD didasarkan pada peringkat.

3. Untuk formasi jabatan Dokter Spesialis,Instruktur Penerbang, Rescuer, Anak Buah Kapal, dan Pengamat Gunung Api. Hasil SKD didasarkan pada pemeringkatan.

4. Penentuan berdasarkan nilai tertinggi apabila para peserta seleksi memperoleh nilai SKD sama.

Para peserta seleksi CPNS perlu mengetahui jika jumlah peserta yang mengikuti ujian SKD lebih sedikit dari jumlah kuota atau alokasi formasi yang diminta, maka untuk peserta yang telah memenuhi ambang batas nilai akan langsung lolos SKD menuju tahap tes selanjutnya.

Namun apabila jumlah peserta sangat banyak dan melebihi jumlah formasi yang diminta, maka akan ditentukan peringkat peserta yang memenuhi ambang batas nilai sesuai dengan minimal 3 (tiga) kali jumlah formasi yang diminta tersebut.

Misalnya jika alokasi formasi yang diminta berjumlah 5, maka peserta harus masuk peringkat minimal 15.

Hasil Seleksi Kompetensi Dasar secara resmi ditetapkan dan diumumkan oleh PANSELNAS serta diumumkan pula oleh instansi masing-masing secara online.

Baca juga: CPNS 2021: Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Lulus CPNS 2021

Prinsip Sistem CAT Seleksi CPNS 2021

Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Nasional (PANSELNAS) adalah Panitia yang dibentuk oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk mempersiapkan penyelenggaraan seleksi CPNS secara nasional, yang dilaksanakan oleh Kepala BKN selaku Ketua Tim Pelaksana.

Selaku Ketua Tim Pelaksana BKN telah menetapkan penggunaan sistem CAT (Computer Assisted Test) pada penyelenggaraan seleksi CPNS. Sistem CAT (Computer Assisted Test) adalah merupakan suatu metode seleksi dengan mengunakan komputer untuk mendapatkan nilai standar minimal bagi pelamar CPNS.

Baca juga: CPNS 2021. Cara Pengisian Formasi di Link sscn.bkn.go.id

Dasar pertimbangan penggunaan CAT BKN adalah sebagai berikut.

CAT BKN dapat menjamin hasil yang diperoleh peserta ujian, dan dapat diketahui secara langsung tanpa perlu peserta seleksi CPNS menunggu lama untuk hasil seleksi. Nilai hasil ujian peserta seleksi CPNS akan langsung keluar setelah para peserta telah selesai mengikuti ujian.

Pada dasarnya Proses ujian dengan mengunakan sistem CAT BKN dapat di pantau oleh semua pihak. Pergerakan nilai peserta seleksi CPNS dari awal pengerjaan sampai selesai dapat diikuti serta pada jawaban peserta seleksi CPNS dapat dilacak.

Sistem CAT BKN pada pelaksanaan seleksi CPNS dapat menjamin hasil yang diperoleh peserta ujian dan dapat diketahui secara langsung tanpa perlu para peserta seleksi menunggu lama.

Pelaksanaan dengan sistem CAT yang menggunakan fasilitas komputer dan penunjang lain telah BKN. Fasilitas komputer dan penunjang yang dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta dimungkinkan pula menggunakan fasilitas mandiri yang disiapkan oleh instansi di bawah koordinasi BKN

Kamu bisa ikut e-bimbel terbaik dengan klik Bimbel CPNS Online

Pendaftaran CPNS 2021

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top