CPNS 2021. Penyebab Gugur Seleksi CPNS, Wajib Diperhatikan

CPNS 2021. Penyebab Gugur Seleksi CPNS, Wajib Diperhatikan

Info CPNS 2021. Tidak lama lagi Pelaksanaan CPNS 2021 akan dimulai sekitar 3 bulan lagi, antara April, Mei, dan Juni 2021. Untuk mengikuti pendaftaran seleksi CPNS 2021, para calon peserta butuh tahu berbagai hal secara rinci mengenai informasi seleksi penerimaan CPNS 2021.

Namun sampai saat ini segala informasi mengenai hal penerimaan CPNS 2021 memang belum secara rinci sepenuhnya. Sebab masih ada sejumlah hal penting yang memang belum diputuskan oleh pemerintah selaku penyelenggara seleksi penerimaan CPNS 2021.

Baca juga: CPNS 2021, 6 Tahapan Seleksi yang Harus Dilalui Peserta

Hal penting apa saja yang belum diputuskan terkait CPNS 2021?

Berikut ini 3 hal penting yang belum ditentukan dan diputuskan menyangkut seleksi penerimaan CPNS 2021

1. Ketentuan Syarat Akreditasi

Pada umumnya setiap tahun tiap instansi memiliki syarat yang berbeda-beda menyangkut akredit program studi. Ada syarat program studinya harus minimal akreditas B, ada pula yang meminta cukup terakreditas BAN-PT.

Instansi yang meminta syarat akreditasi B salah satunya adalah Kejaksaan Agung. Sementara cukup banyak instansi yang meminta syarat hanya terakreditasi terutama di Pemda maupun Pemprov.

Nah, untuk CPNS 2021, hal ini belum diketahui.

Paryono, selaku Kepala BIro Humas BKN mengatakan, hal itu belum bisa dipastikan lantaran Permenpannya belum keluar.

“Ini aturannya (Permenpan) belum keluar, jadi kita lihat saja nanti aturannya seperti apa,” kata Paryono ketika dihubungi Warta Kota, Sabtu (9/1/2021).

Baca juga: CPNS 2021 : Kesalahan Pada Seleksi Administrasi CPNS 2021

2. Nilai CPNS tahun sebelumnya Bisa Dipakai Lagi atau tidak

Pada seleksi penerimaan CPNS 2019, para pelamar yang berstatus P1/L diperbolehkan tidak mengikuti SKD dan menggunakan skor SKD pada CPNS tahun sebelumnya. Aturan tersebut cukup sangat menguntungkan bagi mereka yang mendapatkan nilai SKD cukup besar pada CPNS tahun sebelumnya.

Tentu saja bagi para pelamar CPNS 2019 yang memdapatkan skor SKD besar pun menginginkan hal tersebut dapat kembali diperbolehkan pada seleksi penerimaan CPNS 2021.

“Ini juga nanti akan diatur, seperti yang sebelumnya diatur dalam Permenpan,” kata Paryono.

3. Formasi CPNS

Bima Haria Wibisana selaku Kepala BKN yang mengungkapkan, ada beberapa faktor tahapan yang harus diberlakukan terlebih dahulu sebelum tes CPNS 2021 dilaksanakan.

Namun untuk hal itu belum bisa dipastikan lantaran Permenpannya belum keluar. Ucap, Paryono selaku Kepala BIro Humas BKN

“Ini aturannya (Permenpan) belum keluar, jadi kita lihat saja nanti aturannya seperti apa,” kata Paryono ketika dihubungi Warta Kota, Sabtu (9/1/2021).

Hal itu dikarenakan saat ini banyak sekali CPNS atau PNS yang meminta pindah lokasi sehingga kebutuhan di masing-masing instansi akan menjadi berubah. Setelah setiap instansi melaporkan kebutuhan formasi itu kepada Kemenpan RB, maka baru bisa ditetapkan formasi nya.

Nah, untuk kalian persip kan diri dari sekarang sebelum seleksi CPNS 2021 resmi dibuka, jika kalian tidak mempersiapkan diri kemungkinan besar kalian akan gagal menjadi PNS. Pada CPNS 2019 banyak yang gugur pada tahap seleksi administrasi.

Ini daftar penyebab gugur di seleksi administrasi CPNS :

Baca juga: CPNS 2021: Cara Mendaftar CPNS 2021

1. Salah pilih formasi jabatan

Kesalahan memilih formasi jabatan adalah salah satu penyebab gugur nya seseorang dalam seleksi administrasi.

2. Usia

Perhatikan betul usia saat melamar. Rata-rata instansi memberi syarat usia pelamar adalah 35 tahun 0 bulan 0 hari pada saat melamar.

3. Hasil Scan tidak jelas

Dalam pendaftaran online para pelamar diharuskan mengunggah transkrip nilai dan ijazah. Beberapa pelamar CPNS pernah punya pengalaman gugur lantaran memberikan hasil scan yang tidak jelas.

4. Surat akreditasi tak sesuai tanggal ijazah

Nah, jangan lupa juga ini ya. Surat akreditasi kalian harus sesuai dengan tahun lulus atau tanggal ijazah.

5. Salah buat surat lamaran

Nah, setiap instansi memiliki format surat lamaran nya masing-masing. Oleh karena itu, jangan salah download ya dan jangan lupa pakai kwitansi.

Baca juga: Tips Tes CPNS : Tips Ampuh Persiapan Tes CPNS

Mau belajar Try out Persiapan cpns terbaru silahkan klik e-bimbelcpns.com

Pendaftaran CPNS 2021

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top