Kenali Tahapan apa Saja untuk CPNS 2021

Tes seleksi kompetensi dasar (SKD) menjadi pegawai negeri sipil (PNS) diadakan pada bulan April. Ada tiga jenis tes yang akan diuji kepada pelamar, yaitu tes Wawasan Nasional (TWK), Umum Intelligence Test (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Melalui situs resmi SSCN BKN, pemerintah mengumumkan jadwal untuk mengimplementasikan tes seleksi CPNS 2021. Jika menurut target, pendaftaran dibuka pada April 2021.

Dalam waktu singkat ini Anda perlu mempersiapkan banyak hal untuk ambil bagian dalam alur pemilihan. Karena itu, calon peserta harus mengenali tes SKD dan SKB CPNS 2021, seperti apa? Lihat ulasan berikut.

 

Kenali tahapan pemilihan CPNS 2021

Menjadi aparatur negara sipil (ASN) adalah mimpi kebanyakan orang Indonesia. Jaminan masa depan yang menjanjikan adalah alasan mengapa pekerjaan ini sangat diburu.

Jelas setiap kali uji CPNS jumlah pendaftar selalu booming. Bahkan panitia telah membagi jadwal tes dalam beberapa sesi.

Pada tahun 2021 pemerintah kembali mengadakan tes seleksi CPNS, yang jadwal pendaftarannya dibuka pada April 2021. Ada serangkaian seleksi yang perlu dilalui oleh calon peserta dan durasinya sedikit panjang.

Baca Juga  Latihan Soal TKP CPNS 2019 online, Simak Pembahasannya

Pada awalnya pemohon harus mendaftar online di situs resmi SSCN BKN. Perlu untuk tahap seleksi administrasi berdasarkan kelengkapan file.

Ketika pendaftaran online Anda akan diminta untuk membuat akun pribadi. Kemudian diminta untuk mengunggah dokumen sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

Tahapan pemilihan administrasi sangat penting, jika ada lebih sedikit file atau kondisi yang tidak terpenuhi dianggap jatuh. Karena itu, pahami apa yang dibutuhkan persyaratan dokumen.

Jika Anda lulus pemfilteran administrasi, pelamar lanjutan untuk tes seleksi kompetensi dasar (SKD). Persaingan pada tahap kedua cukup ketat, terutama ketika formasi yang dipilih adalah formasi favorit.

Untuk lulus tes SKD ada skor skor standar yang harus dipenuhi oleh pelamar CPNS. Hanya mendapatkan tiket untuk maju ke penilaian selanjutnya.

Setelah menjalani tes SKD dan meloloskan diri, calon peserta dapat mengikuti ujian pemilihan bidang kompetensi (SKB). Ujian SKB adalah tes akhir untuk menentukan kelulusan terakhir dari calon peserta.

Setelah melampaui tes SKD dan SKB maka panitia melakukan integrasi nilai. Ada bobot nilai khusus yang telah ditetapkan dan menjadi pertimbangan, pertanyaan latihan juga diperlukan agar Anda terbiasa.

Baca Juga  Rekomendasi Bimbel Online CPNS dan PPPK Terbaik 2021, Mulai yang Gratis hingga Berbayar

Meskipun belum ada pengumuman resmi dari BKN yang terkait dengan bahan SKD yang diuji, tetapi Anda dapat didasarkan pada tes SKD CPNS untuk periode sebelumnya.

Perubahan dapat terjadi tetapi kemungkinan tidak terlalu banyak pembaruan. Anda dapat membuat bahan SKD pada implementasi CPN kemudian sebagai referensi untuk mempraktikkan pertanyaan mulai sekarang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top